Menteri dan 42 Band akan Ramaikan BBI, BBWI dan Lancang Kuning Carnival di Riau

Menteri dan 42 Band akan Ramaikan BBI, BBWI dan Lancang Kuning Carnival di Riau
Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto dan Kadis Pariwisata Riau Roni Rakhmat

Riauaktual.com - Gebyar Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dan Lancang Kuning Carnival bakal diramaikam dengan penampilan Gigi Band, Virgoun, hingga Fourtwenty di Halaman Kantor Gubernur Riau. 

Selain berbagai event yang diagendakan, kehadiran artis Ibukota ini tentunya akan menjadi magnet bagi masyarakat untuk meramaikan Gernas BBI dan BBWI 2024.

"Event ini diselenggarakan pada 3-5 Mei, di hari pertama nanti kita mendatangkan Gigi, hari kedua Virgoun, dan penutupan akan ada Fourtwenty," kata Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto Minggu (28/4).

Bahkan, sejumlah menteri akan hadir diantaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian dan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi. 

"Insya Allah Pak Menko Marves, Pak Mendagri dan Pak Menhub akan hadir saat pembukaan Gebyar BBI/BBWI dan Lancang Kuning Carnival di Provinsi Riau," kata

Berbeda dari tahun sebelumnya, penyelenggaraan Gernas BBI dan BBWI 2024 Provinsi Riau dikolabrasikan dengan event besar lainnya yaitu Lancang Kuning Carnival. Event ini merupakan sebuah festival berbasis fashion carnival yang juga menghadirkan berbagai hiburan seperti musik, tari dan pameran.

"Lalu, kami juga menghadirkan artis Ibukota lainnya yaitu Astrid Tiar, Angel Karamoy, dan Berliana Lovel," ucap Anto.
 

Kemudian, pada spesial event akan ada tari massal (10.000) peserta, Art performance, CFD event, mini stage event, dan fun market. Berbagai lomba juga bakal ikut meramaikan acara ini, di antaranya lomba foto, lomba mewarnai, moslem trendy, dan fashion recycle. 

Anto memastikan bahwa Provinsi Riau telah siap untuk melaksanakan Gebyar Gernas BBI BBWI, dan Lancang Kuning Carnival 2024. Ia mengaku, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah melakukan berbagai persiapan pelaksanaan acara tersebut. 

"Untuk Gebyar Gernas BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival, kita sudah melakukan persiapan. Termasuk juga ada dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh pihak, pemerintah pusat, pemda, pelaku usaha, dan masyarakat dalam mendukung kesuksesan Gernas BBI BBWI 2024," jelasnya.

Pekan lalu Pemprov Riau telah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan Kementrian Perhubungan. Anto juga meminta kepada stakeholder terkait agar bisa mendukung Gebyar BBI BBWI, dan Lancang Kuning Carnival. 

"Kemenko Marves dan Kementerian Perhubungan siap mendukung acara ini. Kepada stakeholder dan masyarakat di Riau, kami mohon dukungannya. Semoga acara ini berjalan sukses," katanya.

Anto mengatakan, tujuan pihaknya menyiapkan 150 stan bazar UMKM dan Ekraf dalam rangka mendukung gerakan bangga buatan Indonesia sekaligus upaya pemulihan ekonomi masyarakat. 

"Pemprov Riau melalui Dinas Perindagkop UKM Riau dan Dispar Riau akan menyediakan 150 stan untuk para insan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Secara gratis di Halaman Kantor Gubernur Riau. Masing-masing stan nantinya akan diisi oleh 3 UMKM," terang Anto.

"Stan UMKM ini gratis tidak dipungut biaya. Tolong kalau ada yang minta bayar sampaikan ke kita. Karena stan ini sebagai dukungan kita untuk UMKM dan ekraf bisa mempromosikan produknya. Nanti Disperindagkop UKM Riau yang akan menyeleksi UMKM nya sesuai aturan yang berlaku," imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat menyampaikan pada tahun 2024, Dinas Pariwisata Provinsi Riau telah meluncurkan 127 event atau agenda wisata. Khusus Untuk mendukung Gerakan Nasional BBI dan BBWI, 57 event telah dipersiapkan matang. 

"Dimulai dari bulan Januari hingga Juni dengan target perputaran uang Rp1,5 miliar (perjalanan wisata domestik)," ujarnya. 

Lancang Kuning Carnival bakal menyajikan berbagai hiburan, yakni musik, tari, dan pameran ekonomi kreatif atau ekraf. Pada carnival event menampilkan, pawai budaya, artware carnival, Riau Community carnival, Pesona Wastra Nusantara, Historical, Ultra Glam, dan Beyond Culture. 

Kemudian, pada spesial event akan ada tari massal 10.000 peserta, Art performance, CFD event, mini stage event, dan fun market. Lalu, juga mengundang Gigi Band, Four Twenty, Virgoun, Astrid Tiar, Angel Karamoy, dan Berliana Lovel. 

"Berbagai lomba juga bakal ikut meramaikan acara ini, di antaranya lomba foto, lomba mewarnai, moslem trendy, dan fashion recycle," kata Roni.

#PARIWISATA

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Gubernur Riau

Index

Berita Lainnya

Index